Nama :
Ryan Ignatius
Kelas :
3EA22
NPM :
16211515
Analisis
Konsumen dan Perilaku Konsumen
Ada
beberapa faktor perilaku konsumen, yaitu :
• Faktor
internal
Faktor-faktor
yang termasuk ke dalam faktor internal
adalah
motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar
menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari
pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pembelian suatu barang atau jasa.
Terdapat
empat faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan
pembelian yaitu:
1.
Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia
untuk mencapai tujuan tertentu.
2.
Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus
atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap
rangsangan tersebut.
3.
Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri
seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.
Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi
merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong
seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad
seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
Faktor
eksternal
Faktor
eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial,
kebudayaan, marketing strategi, dan kelompok referensi. Kelompok referensi
merupakan kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada
sikap dan prilaku konsumen. Kelompok referensi mempengaruhi perilaku seseorang
dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah
laku.
Faktor-faktor
eksternal tersebut antara lain :
1.
Nilai-Nilai Budaya dan Etnis. Merupakan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan
berkembang pada sejumlah orang yang memiliki persamaan ras, agama, lokasi
geografis, dan warisan budaya yang membedakan mereka dengan kelompok lainnya.
Melalui kebiasaan, cita rasa, ide, tata cara, norma dan tata kelakuannya.
2. Kelas
Sosial dan Kelompok Status. Kelas Sosial merujuk pada semua orang yang memiliki
kesempatan hidup yang sama dalam bidang ekonomi. Kelompok Status merujuk pada
kesamaan atas kehormatan dan prestise yang dimiliki, yang dinyatakan dalam gaya
hidup.
3.
Kelompok Sosial. Kelompok sosial dapat mempengaruhi perilaku konsumsi
seseorang dikarenakan pengaruh yang signifikan dari kelompok acuan (reference
group) yang menjadi rujukan dalam berfikir, bertindak, merasa dan berperilaku
seseorang dalam melakukan konsumsi.
4.
Keluarga dan Rumah Tangga. Beberapa variabel yang dapat mempengaruhi rumah
tangga / keluarga dalam melakukan konsumsi, termasuk melakukan pembelian
produk, antara lain : Usia Kepala Rumah Tangga, Status Pekerjaan, Status
Perkawinan, dan Kehadiran Anak.
Sedangkan
variabel dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk melakukan
konsumsi dalam suatu rumah tangga / keluarga, antara lain : Kohesi, Kemampuan
Beradaptasi Keluarga, dan Komunikasi.
5.
Pengaruh Situasi. Pengaruh situasi merupakan pengaruh yang timbul dari faktor
yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik, yang lepas dari karakteristik
konsumen dan karakteristik objek. Karakteristik-karakteristik situasi konsumen
tersebut antara lain : Lingkungan Fisik, Lingkungan Sosial, Waktu, Tugas.
Saya
Ryan Ignatius,suka bermain game,karena saya suka bermain game, hampir setiap
ada kaset game- game terbaru yg keluar di pasaran saya pasti membelinya, pola
konsumtif saya ini termasuk faktor internal yaitu persepsi (perception).
Teman
saya yang pertama namanya Mursidah, dia suka membeli barang yang berupa
kerudung. Dikarenakan untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari. karakteristik
ini termasuk faktor internal yaitu pembentukkan sikap (attitude information)
dan faktor eksternal yaitu keluarga.
Teman
saya yang ke dua namanya Effiyanti Asti Lestari. Dia suka hal-hal yang berbau
jepang dan korea. Seperti komik jepang, dvd drama korea dan hal-hal yang berbau
2 negara tersebut seperti makanannya daan budayanya. Maka faktor tersebut
termasuk faktor eksternal yaitu nilai-nilai budaya dan etnis dan faktor
internalnya yaitu pembentukan sikap (attitude information).
No comments:
Post a Comment